Demo Image
Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Aplikasi SIM LINMAS

Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Aplikasi SIM LINMAS

Mojokerto – Satuan Polisi Pamong Praja menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Aplikasi SIM LINMAS pada Kamis (10/7/2025). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengoptimalkan layanan pelindungan masyarakat dalam menjawab tantangan era digital.

Pada Kegiatan Rakor dan Sosialisasi ini Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Mojokerto, Mokhamad Sholihin, S.STP., M.M. menyampaikan Sistem Informasi Manajemen Perlindungan Masyarakat (SIM LINMAS) yang dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendukung tugas dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah pendataan anggota Satlinmas, pelaporan kejadian, dan pemantauan kinerja mereka, serta mempercepat penyampaian informasi layanan dasar.

Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan utama aplikasi SIM LINMAS, antara lain : Memudahkan proses pendataan anggota Satlinmas, menyediakan kanal pelaporan yang efektif bagi masyarakat untuk menyampaikan berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan mereka, memungkinkan pemantauan kinerja Satlinmas dalam menjalankan tugas dan fungsinya, mempercepat penyampaian informasi layanan dasar kepada masyarakat, meningkatkan efisiensi dalam pendataan dan pelaporan, meningkatkan transparansi dalam penyelenggaraan Trantibumlinmas, mempercepat respons terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Satlinmas kepada masyarakat serta data yang dihasilkan dari aplikasi dapat digunakan untuk menyusun peta rawan gangguan Trantibumlinmas. 

Kesimpulannya Aplikasi SIM Linmas merupakan inovasi penting dari Kemendagri untuk mendukung tugas Satlinmas dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan perlindungan masyarakat. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Satlinmas

@ Designed By Dinas Komunikasi & Informatika Kab. Mojokerto